Senin, 22 Februari 2010

Ayo Berhenti Merokok

MEROKOK SEBAGAI RUTINITAS

Bagi perokok, merokok adalah bagian dari rutinitas sehari-hari bahkan menjadi suatu kebiasaan. Apakah Anda juga salah satunya? Banyak hal yang dapat memicu seseorang untuk merokok. Apakah Anda merokok setelah bangun pagi, sambil minum kopi, setelah makan siang, atau ketika berbicara di telepon? Itu adalah sebuah bukti bahwa merokok sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Melihat orang lain merokok pun dapat menjadi pemicu Anda untuk menyalakan sebatang rokok.

Jika Anda memang berniat untuk stop merokok, lakukanlah langkah pertama Anda dengan mengenali pemicu-pemicu tersebut dan konsultasikan ke dokter. Merokok bukan hanya sekedar rutinitas semata. Tahukah Anda bahwa rutinitas merokok adalah suatu bentuk ketergantungan nikotin?

TENTANG KETERGANTUNGAN NIKOTIN

Kata "ketergantungan" mungkin terdengar mengerikan di telinga Anda, tapi secara perlahan-lahan rutinitas merokok Anda berubah menjadi ketergantungan terhadap nikotin. Ketergantungan nikotin merupakan bentuk kecanduan secara fisik dan psikologis terhadap nikotin. Itulah penyebab mengapa Anda sulit stop merokok.

Berapa kali Anda pernah mencoba stop merokok? Para perokok rata-rata pernah mencoba 6 - 9 kali usaha untuk stop merokok selama hidupnya. (Dikutip dari Zbikowski, 2004: US Surgeon General, 2001). Jika pernah mencoba stop merokok sebelumnya, Anda mungkin menjadi cepat marah dan gelisah jika tidak mempunyai sebatang rokok. Hal itu terjadi karena otak Anda telah terbiasa dengan efek nikotin.

Semakin sering Anda merokok, maka semakin tinggi kadar nikotin yang Anda butuhkan untuk mendapatkan sensasi perasaan tenang dan senang. Ketika dorongan untuk merokok sangat besar dan rokok tidak dihisap, maka muncul gejala-gejala ketergantungan nikotin seperti berikut:
  • Pusing dan sakit kepala
  • Susah tidur/Insomnia
  • Cepat lelah
  • Sulit konsentrasi
  • Gelisah dan mudah marah
  • Batuk-batuk dan nyeri tenggorokan
  • Sakit perut, kembung dan susah buang air besar
  • Detak jantung melemah
Tahukah Anda apa yang terjadi ketika menyalakan sebatang rokok? Seperti inilah nikotin bekerja dalam tubuh Anda sehingga menimbulkan ketergantungan nikotin:
  • Ketika Anda merokok, nikotin masuk ke dalam aliran darah menuju semua bagian dalam tubuh. Molekul nikotin sangat kecil dan mudah larut dalam air dan lemak. Sehingga dalam hitungan 10 - 20 detik, nikotin telah mencapai sistem saraf pusat.
  • Ketika berada di dalam otak, nikotin merangsang pelepasan zat kimia yang disebut Dopamin, yang memberikan sensasi perasaan senang dan tenang. Namun, sensasi ini hanya berlangsung singkat.
  • Dalam waktu 1-2 jam, tingkat Dopamin seketika turun drastis, sehingga otak akan memberikan respon dan dorongan untuk merokok lagi. Dan semakin banyak nikotin yang Anda konsumsi, semakin tinggi juga risiko Anda terkena penyakit-penyakit berisiko tinggi akibat rokok. Hal ini dikarenakan nikotin dapat terakumulasi di dalam hati, ginjal, lemak dan paru-paru.
Diatas adalah sedikit garis besar soal merokok, untuk keterangan lebih lanjut, kalian bisa ketok link dibawah ini :

http://www.stopmerokok.com

Semoga sedikit tulisan di siang yang lumayan panas ini bermanfaat bagi kita semua. Karena Kesehatan sangat mahal harganya, Ayo berhenti sekarang juga!!!

Tidak ada komentar: